Mengenai hubungan antara internet dan media massa, salah satu caranya dapat kita lihat dari definisi dan perbedaan antara internet dan media massa. Pada kamus komputer dan teknologi informasi (http://www.total.or.id/info.php?kk=internet), internet berasal dari istilah interconnection networking yang diartikan hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, saluran radio, satelit dan lainnya. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Dalam skripsi Adi Wibowo Octavianto, mahasiswa lulusan Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, yang berjudul “Kedudukan Situs Web Dalam Komunikasi Massa”, dituliskan bahwa internet adalah sistem jaringan telekomunikasi pertukaran data digital. World Wide Web (WWW) adalah komunitas sejumlah besar situs web yang memanfaatkan internet sebagai sarana transportasi datanya. Situs web merupakan unit medium komunikasi digital yang isi, bentuk dan karakteristiknya dibangun dari komposisi data digital dengan aturan tertentu. Komposisi berbeda akan membentuk karakter situs web yang berbeda pula.

Jadi ditekankan lagi bahwa internet merupakan teknologi sekaligus infrastruktur dasar bagi segala bentuk proses komunikasi data digital jarak jauh. WWW merupakan komunikasi data digital berupa jejaring situs web. WWW pun merupakan infrastruktur lanjutan bagi proses komunikasi berlandaskan situs web sebagai medium komunikasinya. Sementara situs media massa on line merupakan media komunikasi berbasis situs web yang menggunakan pola dan prinsip komunikasi massa.

Dalam bagian rangkuman, Adi Wibowo Octavianto dalam skripsinya mengibaratkan dan menelaah berdasarkan karakter teknisnya, posisi situs web dalam konteks pembahasan komunikasi bermedia dapat disejajarkan dengan kertas. Bedanya, kertas merupakan medium fisik (materi atom) dan dengan dukungan teknologi cetak dapat dibentuk menjadi media komunikasi, sedangkan situs web merupakan medium non-fisik (materi digital) yang dengan dukungan teknologi internet dan web dapat pula dibentuk menjadi media komunikasi.